Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Telinga, Sobat CabangMedia!

Hello Sobat CabangMedia, siapa yang suka dengan jerawat? Pasti tidak ada yang suka, apalagi jika jerawat muncul di tempat yang sulit dijangkau seperti telinga. Jerawat di telinga bisa sangat mengganggu dan menyakitkan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi jerawat di telinga. Yuk simak sampai selesai!

Penyebab Jerawat di Telinga

Jerawat di telinga bisa muncul karena beberapa faktor, antara lain:

1. Kebiasaan memencet jerawat sebelum matang. Ketika kita memencet jerawat yang belum matang, bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam pori-pori karena itu bisa menyebabkan jerawat muncul di telinga kita.

2. Kebiasaan menyentuh telinga dengan tangan yang kotor. Telinga merupakan bagian yang sensitif dan rentan terhadap bakteri. Jika kita sering menyentuh telinga kita dengan tangan yang kotor, maka bakteri bisa dengan mudah masuk ke pori-pori dan membuat jerawat muncul.

3. Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai. Beberapa kosmetik bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat. Jika kita sering menggunakan kosmetik yang tidak sesuai, bisa menyebabkan jerawat muncul di telinga kita.

4. Kondisi kulit yang berminyak. Kulit yang berminyak lebih rentan terhadap jerawat, termasuk di telinga. Karena kondisi ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat muncul.

Cara Mengatasi Jerawat di Telinga

Nah, jika Sobat CabangMedia sedang mengalami jerawat di telinga, berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Jangan mencoba memencet atau menggaruk jerawat. Hal ini bisa menyebabkan jerawat semakin meradang dan bisa meninggalkan bekas.

2. Bersihkan telinga dengan hati-hati. Gunakan kapas atau tisu yang bersih untuk membersihkan telinga. Hindari menggunakan benda yang tajam atau keras untuk membersihkan telinga agar tidak membuat telinga kita luka dan terinfeksi.

3. Gunakan obat khusus jerawat. Beberapa obat jerawat yang dijual bebas di apotek bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di telinga. Pastikan menggunakan obat yang aman dan sesuai dengan kondisi kulit kita.

4. Hindari penggunaan kosmetik yang tidak sesuai. Jika kita memiliki kulit yang sensitif atau cenderung berminyak, sebaiknya hindari penggunaan kosmetik yang tidak sesuai atau terlalu banyak mengandung bahan kimia yang keras.

Kesimpulan

Dalam mengatasi jerawat di telinga, kita perlu memperhatikan beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat di telinga antara lain dengan tidak memencet atau menggaruk jerawat, membersihkan telinga dengan hati-hati, menggunakan obat khusus jerawat, dan menghindari penggunaan kosmetik yang tidak sesuai. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kita bisa mengatasi jerawat di telinga dengan efektif dan menjaga kondisi kulit kita tetap sehat.

Sekian artikel mengenai jerawat di telinga ini, semoga bermanfaat bagi Sobat CabangMedia yang sedang mengalami masalah jerawat di telinga. Tetap jaga kebersihan telinga dan kulit kita ya!