Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dalam Waktu 3 Hari

Jerawat, Masalah Kulit yang Mengganggu

Hello Sobat CabangMedia! Masalah kulit yang paling sering dikeluhkan oleh banyak orang adalah jerawat. Jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Selain itu, bekas jerawat juga bisa menjadi masalah kulit yang tak kalah penting. Bekas jerawat bisa membuat kulit terlihat kusam dan tak merata. Namun, jangan khawatir Sobat CabangMedia! Kali ini kami akan berbagi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari. Simak terus artikel ini ya!

Penyebab Bekas Jerawat

Sebelum kita membahas cara menghilangkan bekas jerawat, kita perlu tahu terlebih dahulu apa penyebab dari bekas jerawat. Saat jerawat muncul, kulit akan meradang dan membengkak. Saat kulit meradang, tubuh akan memproduksi melanin yang berlebihan. Hal ini menyebabkan bekas jerawat yang berwarna coklat atau hitam. Selain itu, bekas jerawat bisa juga berupa bopeng yang disebabkan oleh kerusakan pada jaringan kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Sobat CabangMedia, berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari.

1. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk memudarkan bekas jerawat. Caranya, ambil sepotong lemon dan peras airnya. Oleskan air lemon ke bekas jerawat dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan ini 2-3 kali sehari.

2. Putih Telur

Putih telur mengandung protein yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, ambil putih telur dan campur dengan sedikit jeruk nipis. Oleskan campuran ini ke bekas jerawat dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan ini sekali sehari.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit. Caranya, rendam kantong teh hijau dalam air panas selama 5 menit. Setelah teh dingin, oleskan kantong teh hijau ke bekas jerawat dan biarkan selama 15 menit. Lakukan ini 2-3 kali sehari.

4. Madu

Madu mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit. Caranya, ambil madu asli dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang berfungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Caranya, oleskan minyak kelapa ke bekas jerawat dan pijat perlahan selama 5 menit. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan ini sekali sehari.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung sifat antiinflamasi yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan ini sekali sehari.

7. Baking Soda

Baking soda mengandung sifat antiseptik dan antiinflamasi yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke bekas jerawat dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air dingin dan lakukan ini 2-3 kali sehari.

8. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti minyak lavender, minyak tea tree, dan minyak peppermint mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke bekas jerawat dan biarkan selama 20-30 menit. Lakukan ini 2-3 kali sehari.

9. Kentang

Kentang mengandung enzim yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, parut kentang dan oleskan parutan kentang ke bekas jerawat. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan ini sekali sehari.

10. Tomat

Tomat mengandung likopen yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, haluskan tomat dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan ini sekali sehari.

11. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, haluskan pepaya dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

12. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, oleskan minyak zaitun ke bekas jerawat dan pijat perlahan selama 5 menit. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

13. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk memudarkan bekas jerawat. Caranya, ambil sepotong jeruk nipis dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan ini 2-3 kali sehari.

14. Timun

Timun mengandung vitamin C dan asam askorbat yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, iris timun tipis-tipis dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan ini sekali sehari.

15. Bengkoang

Bengkoang mengandung vitamin C dan asam askorbat yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, haluskan bengkoang dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

16. Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya, parut wortel dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan ini sekali sehari.

17. Kunyit

Kunyit mengandung zat curcumin yang berfungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Caranya, campurkan kunyit dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke bekas jerawat dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air dingin dan lakukan ini 2-3 kali sehari.

18. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit. Caranya, campurkan cuka apel dengan sedikit air dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan ini sekali sehari.

19. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya, oleskan yogurt ke bekas jerawat dan biarkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air bersih dan lakukan ini sekali sehari.

20. Es Batu

Es batu berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih dan oleskan ke bekas jerawat. Biarkan selama 5-10 menit dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

Kesimpulan

Sobat CabangMedia, itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari. Selain melakukan perawatan, jangan lupa juga untuk menjaga kulit dengan baik. Gunakan sabun pembersih yang cocok untuk kulitmu dan jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur. Semoga tips di atas bermanfaat untukmu ya!