penyebab jerawat di jidat dan alis

Mengenal Penyebab Jerawat di Jidat dan Alis

Para Sobat CabangMedia, apakah kalian pernah mengalami jerawat di jidat atau alis? Pasti sangat mengganggu bukan? Jerawat memang menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, tahukah kalian apa penyebab dari jerawat yang muncul di jidat dan alis? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini.

Jerawat memang bisa muncul di berbagai bagian wajah, namun jerawat di jidat dan alis sering kali menjadi masalah bagi sebagian orang. Jerawat tersebut terkadang dapat menyebabkan rasa sakit dan pula mengganggu penampilan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab jerawat di jidat dan alis seperti dibawah ini.

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau jarang mencuci muka dapat menjadi penyebab utama dari munculnya jerawat di jidat dan alis. Selain itu, penggunaan kosmetik yang tidak tepat juga dapat memicu jerawat.

Terkena Bakteri

Jerawat juga bisa disebabkan oleh bakteri yang hidup di kulit wajah. Bakteri tersebut akan berkembang biak dan menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya, minyak, kotoran dan sel kulit mati yang seharusnya keluar dari pori-pori tidak bisa keluar dan malah menumpuk. Hal tersebut akan memicu munculnya jerawat.

Kadar Hormon yang Tinggi

Saat kadar hormon meningkat, seperti saat masa pubertas atau saat menjelang menstruasi, maka produksi minyak di kulit akan bertambah. Akibatnya, pori-pori akan tersumbat dan menimbulkan jerawat. Kadar hormon yang tinggi juga bisa disebabkan oleh stres dan kurang tidur.

Makanan

Makanan yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat di jidat dan alis. Makanan yang kaya akan lemak dan gula dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit sehingga pori-pori akan tersumbat dan menimbulkan jerawat. Selain itu, makanan yang mengandung susu juga dapat memicu munculnya jerawat.

Kebiasaan Menggunakan Topi

Kebiasaan menggunakan topi dan penutup kepala lainnya yang dapat menutupi daerah jidat juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di daerah tersebut. Topi dan penutup kepala menimbulkan keringat pada kulit kepala yang kemudian akan menetes ke daerah jidat dan alis, sehingga pori-pori akan tersumbat dan memicu munculnya jerawat.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kita bisa memahami bahwa ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan jerawat di jidat dan alis. Kebiasaan buruk seperti jarang mencuci muka, terkena bakteri, kadar hormon yang tinggi, makanan, hingga kebiasaan menggunakan topi dapat memicu munculnya jerawat di daerah tersebut. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan kulit wajah dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat memperburuk kondisi kulit wajah kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Sobat CabangMedia dalam mengatasi jerawat di jidat dan alis.