Mengenal Penyebab Jerawat di Bawah Hidung yang Sering Muncul

Apa itu Jerawat di Bawah Hidung?

Hello Sobat CabangMedia, kita pasti pernah mengalami jerawat di berbagai bagian wajah. Namun, jerawat yang seringkali muncul dan mengganggu adalah jerawat di bawah hidung. Jerawat di bawah hidung bisa muncul dengan berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar dengan warna yang merah dan mengganggu penampilan.

Penyebab Jerawat di Bawah Hidung

Sebenarnya, jerawat di bawah hidung memiliki penyebab yang sama dengan jerawat pada umumnya, yaitu produksi minyak berlebih di kulit dan terjadinya peradangan. Namun, ada juga beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab jerawat di bawah hidung.

1. Kebiasaan Menyentuh Wajah

Seringkali, kita tidak sadar telah menyentuh wajah dengan tangan yang terkontaminasi oleh kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri ini akan menempel di wajah dan bisa menyebabkan jerawat, termasuk di bawah hidung. Oleh karena itu, hindari kebiasaan menyentuh wajah terlalu sering.

2. Kurangnya Kebersihan

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan jerawat di bawah hidung adalah kurang menjaga kebersihan. Jika kulit terkena keringat, minyak berlebih, dan kotoran, maka pori-pori kulit akan tersumbat dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, jaga kebersihan kulit dengan rajin mencuci muka dan menggunakan pembersih wajah yang sesuai.

3. Penggunaan Make Up

Make up memang bisa membuat penampilan lebih cantik dan menarik. Namun, penggunaan make up yang berlebihan atau tidak sesuai dengan jenis kulit bisa menyebabkan jerawat di bawah hidung. Sebaiknya, pilihlah make up yang cocok dengan jenis kulit dan hindari penggunaan make up yang berlebihan.

4. Kondisi Hormonal

Pada masa pubertas, kondisi hormonal seseorang bisa mempengaruhi produksi minyak di kulit. Hal ini bisa menyebabkan jerawat tidak hanya di bawah hidung, tetapi juga di bagian wajah lainnya. Jerawat akibat kondisi hormonal biasanya muncul secara tiba-tiba dan berukuran besar.

5. Pengaruh Pola Makan

Kebiasaan makan yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab jerawat di bawah hidung. Konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan karbohidrat tinggi bisa menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit. Oleh karena itu, perlu mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

6. Pengaruh Stres

Stres bisa mempengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan munculnya jerawat di bawah hidung. Saat tubuh stres, produksi hormon kortisol meningkat dan menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit. Kurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan rileksasi, seperti yoga, meditasi, atau olahraga.

Cara Mengatasi Jerawat di Bawah Hidung

Setelah mengetahui penyebab jerawat di bawah hidung, penting untuk mengetahui cara mengatasi jerawat ini agar tidak mengganggu penampilan dan kesehatan kulit.

1. Jaga Kebersihan Kulit

Rajin mencuci muka dan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit bisa membantu mencegah jerawat di bawah hidung. Hindari juga kebiasaan menyentuh wajah terlalu sering dan gunakan tisu wajah untuk membersihkan keringat atau minyak berlebih di kulit.

2. Hindari Penggunaan Make Up Berlebihan

Jika memang tidak bisa menghindari penggunaan make up, pilihlah make up yang cocok dengan jenis kulit dan gunakan tidak terlalu banyak. Setelah selesai menggunakan make up, jangan lupa membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang lembut.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat di bawah hidung. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral. Hindari juga makanan yang banyak mengandung gula, lemak, dan karbohidrat tinggi.

4. Hindari Stress

Kurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan rileksasi, seperti yoga, meditasi, atau olahraga. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan terapi atau obat-obatan yang bisa membantu mengatasi stres.

5. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Sesuai

Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit dan hindari menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Selalu baca kandungan produk sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan.

Kesimpulan

Jerawat di bawah hidung bisa muncul dengan berbagai ukuran dan warna yang mengganggu penampilan. Penyebab jerawat ini sama dengan penyebab jerawat pada umumnya, yaitu produksi minyak berlebih dan terjadinya peradangan pada kulit. Namun, ada juga faktor lain seperti kebiasaan buruk, pengaruh pola makan, dan stres yang bisa menyebabkan jerawat di bawah hidung. Untuk mengatasi jerawat ini, perlu menjaga kebersihan kulit, mengatur pola makan, menghindari stres, dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai.