Mengatasi Jerawat di Bawah Dagu dengan Mudah

Kenapa Jerawat Suka Tumbuh di Bawah Dagu?

Hello Sobat CabangMedia, jerawat adalah masalah yang sangat umum di kalangan remaja hingga dewasa. Salah satu area yang seringkali terserang jerawat adalah di bawah dagu. Ternyata, ada beberapa penyebab yang membuat jerawat tumbuh di area tersebut.

Salah satu penyebab jerawat di bawah dagu adalah perubahan hormonal pada wanita. Ketika hormon estrogen dan progesteron tidak seimbang, dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan jerawat pun bermunculan.

Selain itu, stres dan kurang tidur juga bisa menjadi penyebab jerawat di bawah dagu. Ketika seseorang mengalami stres dan kurang tidur, kadar hormon kortisol akan meningkat. Hal ini dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan memicu timbulnya jerawat.

Salah satu penyebab lainnya adalah pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia yang dapat membuat kulit menjadi iritasi dan meradang. Akibatnya, jerawat pun muncul di area bawah dagu.

Cara Mengatasi Jerawat di Bawah Dagu

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat di bawah dagu. Pertama, jaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah secara teratur menggunakan sabun pembersih yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Hindari mencuci wajah terlalu sering karena dapat membuat kulit menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih.

Kedua, hindari memencet jerawat. Meskipun terlihat menggoda untuk memencet jerawat yang mengganggu, tetapi hal ini dapat membuat infeksi semakin parah dan meninggalkan bekas luka.

Ketiga, gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Pilih kosmetik yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Keempat, perhatikan pola makan dan hindari makanan yang dapat memicu produksi minyak berlebih seperti makanan berlemak dan olahan gula. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran hijau untuk membantu membersihkan kulit dari dalam.

Kelima, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap hari. Air putih dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh dan menjaga kelembapan kulit.

Kesimpulan

Jerawat di bawah dagu memang bisa sangat mengganggu. Namun, dengan menjaga kebersihan kulit, menghindari stres dan pemakaian kosmetik yang tidak sesuai, serta perhatian pola makan dan minum air putih yang cukup, jerawat di bawah dagu bisa diatasi dengan mudah. Selamat mencoba!