Jerawat di Belakang Telinga: Kenapa Muncul dan Bagaimana Mengatasinya

Penyebab Jerawat di Belakang Telinga

Hello Sobat CabangMedia, sudah pernah mengalami jerawat di belakang telinga? Meskipun jarang terlihat, jerawat di belakang telinga bisa sangat mengganggu dan menyakitkan. Tidak hanya itu, jerawat di belakang telinga juga bisa membuat kita merasa tidak percaya diri. Nah, untuk mengatasi jerawat di belakang telinga, kita perlu tahu terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Pertama-tama, jerawat di belakang telinga bisa muncul karena adanya penumpukan minyak dan sel kulit mati di pori-pori kulit. Kondisi ini bisa terjadi jika kita tidak membersihkan telinga dengan baik atau jika kita sering terkena keringat.

Selain itu, jerawat di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh hormon. Jika kita sedang mengalami perubahan hormon, seperti saat pubertas atau menstruasi, maka produksi minyak di kulit juga bisa meningkat. Hal ini bisa memicu munculnya jerawat di seluruh tubuh, termasuk di belakang telinga.

Tidak hanya itu, jerawat di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit kita. Bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut bisa menyumbat pori-pori kulit dan memicu munculnya jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat di Belakang Telinga

Jika Sobat CabangMedia sedang mengalami jerawat di belakang telinga, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jerawat tersebut.

Pertama-tama, jangan pernah mencoba memencet atau menggaruk jerawat di belakang telinga. Kondisi tersebut bisa membuat peradangan semakin parah dan memicu munculnya infeksi.

Kedua, pastikan kita rajin membersihkan telinga dengan baik. Gunakan sabun pembersih yang lembut dan hindari membersihkan telinga dengan benda tajam atau kasar. Selain itu, hindari juga mengggunakan produk perawatan kulit yang terlalu banyak mengandung bahan kimia.

Ketiga, kita bisa menggunakan obat jerawat yang dijual bebas di apotek. Namun, pastikan kita memilih obat yang sesuai dengan jenis kulit kita dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

Terakhir, jika jerawat di belakang telinga terus muncul dan tidak kunjung hilang, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter bisa memberikan penanganan yang lebih tepat dan menjelaskan penyebab jerawat yang kita alami.

Pencegahan Jerawat di Belakang Telinga

Selain mengatasi jerawat yang sudah muncul, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah munculnya jerawat di belakang telinga.

Pertama-tama, pastikan kita selalu menjaga kebersihan telinga dan kulit sekitarnya. Gunakan sabun pembersih yang lembut dan hindari menggunakan benda tajam atau kasar untuk membersihkan telinga.

Kedua, hindari makanan yang dapat memicu munculnya jerawat. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, antara lain makanan berlemak, makanan yang mengandung gula tinggi, dan makanan yang digoreng.

Ketiga, pastikan kita memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kita. Hindari menggunakan produk yang terlalu banyak mengandung bahan kimia atau bahan pengawet.

Kesimpulan

Jerawat di belakang telinga memang bisa sangat mengganggu dan menyakitkan. Namun, dengan menjaga kebersihan kulit dan telinga, serta menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, kita bisa mengatasi dan mencegah munculnya jerawat tersebut. Jika jerawat di belakang telinga terus muncul dan tidak kunjung hilang, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.