Jerawat Aktif: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

Jerawat Aktif: Apa itu?

Hello Sobat CabangMedia, siapa yang tidak kenal dengan jerawat? Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dialami oleh banyak orang, terutama remaja. Jerawat aktif adalah jenis jerawat yang paling sering muncul dan sangat mengganggu penampilan. Jerawat aktif biasanya ditandai dengan kulit yang merah, bengkak, dan terasa sakit ketika disentuh. Jerawat aktif juga sering disebut dengan jerawat merah atau inflamasi.

Penyebab Jerawat Aktif

Jerawat aktif disebabkan oleh produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak di dalam kulit. Minyak berlebih ini menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan jerawat. Selain itu, bakteri P.acnes juga turut serta dalam memicu jerawat aktif. Faktor lain yang juga bisa memicu jerawat aktif antara lain hormon, stres, kosmetik, obat-obatan tertentu, dan faktor lingkungan.

Gejala Jerawat Aktif

Jerawat aktif biasanya ditandai dengan kulit yang merah, bengkak, dan terasa sakit ketika disentuh. Jerawat aktif juga sering disertai dengan pustula atau nanah. Jerawat aktif biasanya muncul di area wajah, leher, dada, atau punggung. Jerawat aktif juga bisa membuat kulit terasa gatal dan mengganggu penampilan.

Cara Mengatasi Jerawat Aktif

Untuk mengatasi jerawat aktif, pertama-tama kita harus menjaga kebersihan kulit. Rutin membersihkan kulit dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit kita sangat penting. Selain itu, hindari memencet jerawat karena bisa membuatnya semakin meradang dan menyebar ke area kulit lainnya.

Selain menjaga kebersihan kulit, kita juga bisa menggunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid. Kedua bahan ini terbukti efektif dalam mengatasi jerawat aktif. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan produk skincare harus disesuaikan dengan jenis kulit kita dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Jika jerawat aktif tidak kunjung membaik setelah menggunakan produk skincare, maka bisa dipertimbangkan untuk melakukan perawatan medis seperti pengobatan topikal atau oral. Pengobatan topikal biasanya dilakukan dengan menggunakan salep atau gel yang mengandung retinoid atau antibiotik. Sedangkan pengobatan oral bisa dilakukan dengan mengonsumsi antibiotik atau isotretinoin.

Pencegahan Jerawat Aktif

Mencegah jerawat aktif lebih baik daripada mengobati. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat aktif antara lain:

  1. Mencuci muka secara teratur dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit kita.
  2. Menghindari kosmetik atau produk perawatan kulit yang mengandung minyak atau bahan-bahan yang berpotensi menyumbat pori-pori.
  3. Menghindari makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana karena dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit.
  4. Menghindari stres karena dapat memicu produksi hormon yang bisa menyebabkan jerawat.
  5. Menghindari merokok karena dapat memicu kerusakan kulit dan mengganggu pengeluaran toksin dari dalam tubuh.

Kesimpulan

Jerawat aktif merupakan jenis jerawat yang paling umum dan sangat mengganggu penampilan. Jerawat aktif disebabkan oleh produksi minyak berlebih, bakteri P.acnes, hormon, stres, kosmetik, obat-obatan tertentu, dan faktor lingkungan. Untuk mengatasi jerawat aktif, kita bisa menjaga kebersihan kulit, menggunakan produk skincare yang sesuai, dan melakukan perawatan medis. Untuk mencegah jerawat aktif, kita bisa menghindari beberapa faktor penyebab dan menjaga pola hidup sehat.

Sekian artikel tentang jerawat aktif yang bisa saya bagikan kepada Sobat CabangMedia. Semoga bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah kulit yang satu ini. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa!