Cara Menghilangkan Jerawat yang Tumbuh Terus Menerus

Jangan Panik, Ini Sebab Jerawat Terus Muncul

Hello Sobat CabangMedia! Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang mulus dan bebas jerawat? Jerawat memang bisa jadi momok bagi kebanyakan orang. Meskipun sudah melakukan perawatan rutin, tetapi masih saja jerawat muncul terus menerus. Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat, kita harus memahami terlebih dahulu mengapa jerawat terus muncul. Jerawat muncul biasanya karena adanya peradangan pada pori-pori kulit, yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor hormonal, stres, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya perawatan kulit.

1. Cuci Wajah dengan Sabun yang Tepat

Tahukah kamu bahwa mencuci wajah dengan sabun yang tepat bisa membantu menghilangkan jerawat? Pilihlah sabun wajah yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide yang dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, jangan terlalu sering mencuci wajah, karena bisa membuat kulit kering dan justru memicu produksi minyak berlebih pada kulit.

2. Gunakan Pelembap yang Tepat

Setelah mencuci wajah, pastikan kamu juga menggunakan pelembap yang tepat. Pilihlah pelembap yang ringan dan tidak menyebabkan komedo. Gunakan pelembap setiap kali selesai mencuci wajah, terutama sebelum tidur. Pelembap bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit menjadi kering.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Kurangnya asupan buah dan sayur pada pola makan sehari-hari bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat. Buah dan sayur mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, terutama yang mengandung beta karoten seperti wortel, mangga, dan bayam.

4. Rutin Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari bisa memicu produksi melanin pada kulit, yang bisa memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan kamu rutin menggunakan sunscreen setiap kali keluar rumah, terutama saat berada di bawah sinar matahari langsung. Pilihlah sunscreen yang mengandung SPF minimal 30 dan memiliki kandungan yang tidak menyebabkan kulit menjadi berminyak.

5. Jangan Pencet Jerawat

Pencet jerawat bisa memperparah kondisi kulitmu. Ketika kamu mencoba memencet jerawat, bisa jadi bakteri penyebab jerawat malah tersebar ke daerah kulit yang lain. Selain itu, bisa juga meninggalkan bekas luka pada kulit yang sulit dihilangkan. Jadi, jangan pernah mencoba memencet jerawat ya!

6. Lakukan Perawatan di Klinik Kecantikan

Jika jerawatmu sudah parah dan sulit diatasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau melakukan perawatan di klinik kecantikan. Di klinik kecantikan, kamu bisa melakukan berbagai macam perawatan kulit, seperti facial, peeling, atau bahkan laser. Namun, pastikan kamu memilih klinik yang terpercaya dan memiliki dokter yang berpengalaman dalam melakukan perawatan kulit.

7. Gunakan Produk yang Tepat

Pilihlah produk perawatan kulit yang tepat untuk kulitmu. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit dan tujuan perawatanmu. Jangan sampai menggunakan produk yang tidak cocok dengan kulitmu, karena bisa memperburuk kondisi kulitmu. Selain itu, pastikan produk yang kamu gunakan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kulitmu.

8. Kurangi Konsumsi Makanan yang Memicu Jerawat

Beberapa jenis makanan bisa memicu timbulnya jerawat pada kulit. Makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, makanan pedas dan berlemak juga bisa memicu timbulnya jerawat. Kurangi konsumsi makanan-makanan tersebut dan gantilah dengan makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayur.

9. Jangan Gunakan Produk yang Terlalu Banyak

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit bisa memicu timbulnya jerawat. Terlalu banyak menggunakan pelembap, serum, atau toner bisa membuat kulitmu menjadi terlalu lembap dan memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Gunakan produk secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

10. Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit, yang bisa membantu menghilangkan toksin pada kulit. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengurangi stres yang bisa memicu timbulnya jerawat pada kulit. Lakukan olahraga secara teratur, setidaknya 30 menit setiap harinya.

11. Gunakan Masker Wajah yang Tepat

Masker wajah bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat yang efektif. Pilihlah masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti madu, oatmeal, atau lidah buaya yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu mengurangi peradangan pada kulit.

12. Kurangi Stres

Stres bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat pada kulit. Ketika kamu stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Kurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti jalan-jalan, menonton film, atau bermain dengan hewan peliharaanmu.

13. Konsumsi Suplemen yang Membantu Mengurangi Jerawat

Beberapa suplemen bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan membantu mengurangi jerawat. Pilihlah suplemen yang mengandung vitamin A, C, dan E, zinc, atau omega-3 yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

14. Jangan Menggunakan Produk yang Mengandung Alkohol

Produk perawatan kulit yang mengandung alkohol bisa membuat kulitmu menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Pilihlah produk perawatan kulit yang tidak mengandung alkohol atau hanya sedikit mengandung alkohol.

15. Gunakan Handuk yang Bersih

Handuk yang kotor bisa menjadi sarang bakteri dan memicu timbulnya jerawat pada kulit. Pastikan kamu menggunakan handuk yang bersih setiap kali selesai mencuci wajah atau mandi.

16. Lakukan Scrubbing pada Kulit

Scrubbing pada kulit bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu membersihkan pori-pori kulit. Namun, jangan terlalu sering melakukan scrubbing, karena bisa membuat kulitmu menjadi iritasi.

17. Hindari Produk Skincare yang Mengandung Minyak

Produk skincare yang mengandung minyak bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit dan memicu timbulnya jerawat. Pilihlah produk skincare yang bebas minyak atau hanya sedikit mengandung minyak.

18. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Pakaian yang terlalu ketat bisa membuat kulitmu sulit bernafas dan memicu timbulnya jerawat pada kulit. Pilihlah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

19. Hindari Paparan Polusi

Polusi bisa memicu peradangan pada kulit dan memicu timbulnya jerawat. Hindari paparan polusi dan gunakan masker wajah jika kamu sering berada di daerah yang berpolusi.

20. Bersihkan Makeup dengan Tepat

Jangan biarkan makeup menempel terlalu lama pada kulitmu. Bersihkan makeup dengan tepat setiap kali selesai menggunakan makeup. Pilihlah makeup remover yang tidak menyebabkan kulit menjadi kering atau iritasi.

Kesimpulan

Menghilangkan jerawat memang tidak mudah, namun dengan melakukan perawatan kulit yang tepat, kamu bisa mengatasi masalah jerawatmu. Lakukan perawatan kulit secara rutin dan hindari faktor-faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat pada kulit. Jika jerawatmu sudah parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau melakukan perawatan di klinik kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Sobat CabangMedia!