Cara Menghilangkan Jerawat Meradang dan Bekasnya

Jerawat Meradang dan Bekasnya, Masalah Kulit yang Bisa Dipegang Langsung

Hello Sobat CabangMedia, jerawat meradang dan bekasnya adalah masalah kulit yang mungkin pernah kita alami. Tak hanya membuat wajah terlihat kurang menarik, jerawat juga bisa meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Namun, jangan khawatir! Kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara alami.

1. Gunakan Bahan Alami untuk Meredakan Jerawat Meradang

Bahan-bahan alami seperti madu, lidah buaya, dan minyak kelapa bisa meredakan peradangan pada jerawat. Kita bisa mengoleskan bahan-bahan tersebut pada area yang terdapat jerawat meradang. Lakukan secara rutin setiap hari dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Seringkali kita lupa untuk minum air putih yang cukup dalam sehari. Padahal, air putih bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan menjaga kelembapan kulit. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, kita bisa mencegah terjadinya jerawat meradang serta mengurangi bekasnya.

3. Hindari Pemakaian Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid bisa membuat jerawat semakin parah dan meninggalkan bekas. Coba beralih ke produk perawatan kulit yang menggunakan bahan-bahan alami atau yang aman untuk kulit.

4. Rutin Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan wajah sangat penting untuk mencegah jerawat dan bekasnya. Membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita bisa membantu menghilangkan kotoran dan minyak di wajah.

5. Gunakan Masker Wajah dari Bahan Alami

Selain meredakan peradangan pada jerawat, masker wajah dari bahan alami juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Bahan-bahan seperti kunyit, susu, dan oatmeal bisa digunakan sebagai bahan masker wajah alami. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Rutin Menggunakan Pelembap

Menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Dengan kulit yang sehat dan lembap, bekas jerawat akan semakin cepat hilang.

7. Menghindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Terkena sinar matahari langsung bisa membuat bekas jerawat semakin gelap dan sulit dihilangkan. Gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi dan hindari terkena sinar matahari langsung saat sedang beraktivitas di luar ruangan.

8. Menghindari Sering Menyentuh Wajah

Sering menyentuh wajah bisa membuat jerawat semakin banyak dan bekasnya semakin sulit dihilangkan. Hindari kebiasaan ini dan cuci tangan secara rutin untuk menjaga kebersihan.

9. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat dan bergizi bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terbebas dari jerawat.

10. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Jika jerawat dan bekasnya semakin parah dan sulit dihilangkan, konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter kulit bisa memberikan tindakan medis yang sesuai dengan kondisi kita, seperti obat jerawat atau perawatan laser.

Kesimpulan

Menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, dengan beberapa cara alami di atas, kita bisa mempercepat proses penghilangan jerawat dan bekasnya. Selalu jaga kebersihan wajah dan hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya. Selamat mencoba, Sobat CabangMedia!