Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar

Kenapa Cacar Sering Menimbulkan Bopeng di Kulit?

Salam hangat untuk sobat CabangMedia yang sedang mencari cara untuk menghilangkan bopeng bekas cacar. Sebelum membahasnya lebih lanjut, perlu dipahami terlebih dahulu mengapa cacar sering menimbulkan bopeng di kulit. Saat seseorang mengalami infeksi cacar, kecil kemungkinan untuk tidak ada bekas yang tersisa pada kulitnya.

Bopeng bekas cacar disebabkan oleh rusaknya kolagen kulit saat proses penyembuhan. Kolagen kulit yang rusak tersebut terkadang mengalami kekurangan sel-sel kulit baru sehingga terbentuklah bopeng bekas cacar. Bopeng bekas cacar ini dapat terlihat seperti lubang kecil, parut, ataupun noda pada kulit.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar dengan Bahan Alami

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan bopeng bekas cacar, maka selanjutnya akan dibahas mengenai cara menghilangkannya. Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bopeng bekas cacar, di antaranya:

1. Lidah buaya atau Aloe Vera

Bahan alami yang satu ini sudah terkenal sejak zaman dahulu sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Lidah buaya atau aloe vera mengandung senyawa aloin yang dapat mempercepat penyembuhan kulit dan mencegah terbentuknya bopeng bekas cacar. Caranya, ambil gel lidah buaya segar dan oleskan ke area bekas cacar secara merata. Diamkan selama 30-40 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Madu

Madu juga memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Madu mengandung antioksidan dan antimikroba yang dapat membantu menghilangkan bopeng bekas cacar. Caranya, oleskan madu ke area bekas cacar dan diamkan selama 30-40 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membantu mengatasi masalah kulit, termasuk bopeng bekas cacar. Caranya, oleskan minyak kelapa ke area bekas cacar dan pijat-pijat secara lembut selama beberapa menit. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar dengan Perawatan Medis

Jika bahan alami tidak efektif, ada beberapa perawatan medis yang dapat membantu menghilangkan bopeng bekas cacar, di antaranya:

1. Terapi laser

Terapi laser adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan bopeng bekas cacar. Terapi ini bekerja dengan cara menghilangkan lapisan kulit terluar yang rusak dan merangsang produksi kolagen baru. Hal ini akan membantu mengisi bopeng bekas cacar sehingga kulit terlihat lebih halus dan sehat. Namun, terapi ini biasanya membutuhkan waktu dan biaya yang cukup mahal.

2. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur medis yang dilakukan dengan menghilangkan lapisan kulit terluar yang rusak menggunakan kristal mikro atau alat vakum khusus. Prosedur ini dapat membantu menghilangkan bopeng bekas cacar dan merangsang produksi kolagen baru. Namun, prosedur ini juga membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Kesimpulan

Bopeng bekas cacar memang dapat membuat kulit terlihat tidak rata dan tidak sehat. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bopeng bekas cacar, baik dengan bahan alami maupun perawatan medis. Pilihlah cara yang paling cocok untuk Anda dan jangan lupa untuk rajin merawat kulit agar terlihat sehat dan cantik.

Sekian artikel tentang cara menghilangkan bopeng bekas cacar ini. Semoga bermanfaat untuk sobat CabangMedia yang sedang mencari solusi untuk masalah kulit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan cara yang sehat dan tepat.