Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Kenali Tipe Kulitmu

Hello Sobat CabangMedia, mungkin kamu sering merasa kesal dengan wajahmu yang berminyak dan berjerawat. Sebelum mencari solusi, penting untuk mengenali tipe kulitmu terlebih dahulu. Ada beberapa jenis kulit, seperti kulit normal, kering, kombinasi, sensitif, serta kulit berminyak. Dengan mengetahui tipe kulitmu, kamu dapat mencari produk dan perawatan yang sesuai.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu perlu memilih produk yang dapat mengontrol produksi minyak pada wajah. Produk yang mengandung bahan salisilat, asam glikolat, atau asam laktat dapat membantu mengurangi minyak berlebih. Namun, sebaiknya kamu menghindari produk yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kulitmu semakin kering.

Rajin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan kulitmu. Jangan malas untuk membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah yang lembut, namun efektif untuk mengangkat kotoran dan minyak pada wajahmu.

Jangan lupa juga untuk menghindari penggunaan sabun mandi atau sabun cuci piring sebagai pembersih wajah. Kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat merusak kulitmu.

Gunakan Pelembap yang Tepat

Meskipun memiliki kulit berminyak, namun bukan berarti kamu tidak perlu menggunakan pelembap. Pilihlah pelembap yang ringan, cepat menyerap, dan tidak meninggalkan sisa minyak pada wajahmu.

Pelembap yang mengandung bahan seperti asam hialuronat, gliserin, atau propilen glikol dapat membantu menjaga kelembapan kulitmu. Namun, sebaiknya hindari produk yang mengandung minyak karena dapat menimbulkan jerawat baru.

Rutin Lakukan Pembersihan Wajah yang Intensif

Selain membersihkan wajah setiap hari, sebaiknya kamu juga melakukan pembersihan wajah yang lebih intensif. Lakukan perawatan wajah seperti eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang menyumbat.

Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena dapat merusak kulitmu. Lakukan eksfoliasi maksimal dua kali seminggu.

Gunakan Masker Sekali dalam Seminggu

Selain eksfoliasi, kamu juga dapat menggunakan masker wajah untuk merawat kulitmu. Pilihlah masker yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Jika memiliki kulit berminyak, kamu dapat menggunakan masker yang mengandung bahan tanah liat atau arang untuk menyerap minyak berlebih pada wajahmu.

Gunakan masker maksimal satu kali seminggu untuk hasil yang lebih optimal.

Hindari Makanan yang Memicu Jerawat

Makanan juga dapat mempengaruhi kondisi kulitmu. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi, makanan berlemak, atau makanan pedas yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada wajahmu.

Sebaliknya, konsumsilah buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung banyak protein untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Jangan Sentuh Wajah Terlalu Sering

Terakhir, jangan sering menyentuh wajahmu dengan tangan yang kotor. Kuman dan bakteri yang terdapat di tangan dapat menyebabkan jerawat dan mengganggu kesehatan kulitmu.

Jika kamu ingin menyentuh wajahmu, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih dan kering terlebih dahulu.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat. Ingatlah untuk mengenali tipe kulitmu terlebih dahulu, rajin membersihkan wajah, memilih produk perawatan yang tepat, serta menjaga pola makan dan kebersihan diri. Dengan melakukan perawatan yang baik, kamu dapat memiliki kulit yang sehat dan bebas dari jerawat.