Cara Mengatasi Jerawat di Kepala

Hello Sobat CabangMedia, kali ini kita akan membahas tentang jerawat di kepala. Jerawat memang sangat mengganggu, apalagi jika tumbuh di kepala. Selain rasanya gatal dan tidak nyaman, jerawat di kepala juga bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Oleh karena itu, kita perlu tahu bagaimana cara mengatasi jerawat di kepala. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Jerawat di kepala bisa muncul karena kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit kepala. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa kita lakukan adalah menjaga kebersihan kulit kepala. Cuci rambut secara teratur dengan shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala kita. Jangan lupa untuk menggosok kulit kepala dengan lembut agar kotoran dan minyak terangkat.

2. Menggunakan Bahan Alami

Bahan alami seperti lidah buaya, teh hijau, dan madu bisa membantu mengatasi jerawat di kepala. Caranya, oleskan bahan alami tersebut pada kulit kepala dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Bahan alami ini tidak hanya membantu mengatasi jerawat, tetapi juga menjaga kesehatan kulit kepala.

3. Hindari Pemakaian Produk Rambut yang Berlebihan

Pemakaian produk rambut yang berlebihan seperti hair gel dan hair spray bisa menyebabkan jerawat di kepala. Produk rambut yang menempel pada kulit kepala bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, hindari pemakaian produk rambut yang berlebihan dan cuci rambut secara teratur untuk menghilangkan residu produk rambut.

4. Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Konsumsi makanan berlemak bisa memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala dan menimbulkan jerawat di kepala. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan berlemak dan ganti dengan makanan yang mengandung vitamin dan mineral sebagai pengganti.

5. Menggunakan Obat Jerawat

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kita bisa menggunakan obat jerawat yang dijual di apotek. Pilih obat jerawat yang sesuai dengan jenis kulit kepala kita dan gunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan.

6. Menghindari Stres dan Kurangi Aktivitas yang Menyebabkan Kepala Berkeringat

Stres dan aktivitas yang membuat kepala berkeringat bisa memicu jerawat di kepala. Oleh karena itu, hindari stres dan kurangi aktivitas yang membuat kepala berkeringat. Jika tidak bisa dihindari, cuci rambut secara teratur dan gunakan shampoo yang sesuai untuk menghilangkan keringat di kulit kepala.

7. Jangan Memencet Jerawat di Kepala

Meskipun jerawat di kepala terasa gatal dan mengganggu, jangan pernah memencetnya. Memencet jerawat bisa menimbulkan iritasi dan infeksi yang lebih parah. Biarkan jerawat di kepala hilang dengan sendirinya atau gunakan cara-cara di atas untuk membantu mengatasi jerawat di kepala.

8. Tetap Rajin Cuci Rambut

Rajin cuci rambut merupakan kunci utama untuk mengatasi jerawat di kepala. Cuci rambut secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit kepala. Gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala kita dan jangan lupa untuk menggosok kulit kepala dengan lembut.

9. Menggunakan Es Batu

Es batu bisa membantu mengurangi peradangan akibat jerawat di kepala. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih dan tempelkan pada jerawat di kepala selama beberapa menit. Es batu akan membantu meredakan peradangan dan membuat kulit kepala terasa segar.

10. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat di kepala. Caranya, seduh teh hijau dengan air panas dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, oleskan teh hijau pada kulit kepala dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

11. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Air putih membantu menjaga kelembapan kulit kepala dan menghilangkan toksin dari dalam tubuh. Minumlah air putih yang cukup setiap harinya untuk mengatasi jerawat di kepala.

12. Menghindari Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat di kepala dan membuat kulit kepala menjadi kering. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan gunakan topi atau payung untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari.

13. Menggunakan Shampoo yang Sesuai dengan Jenis Kulit Kepala

Shampoo yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala bisa menyebabkan iritasi dan jerawat di kepala. Oleh karena itu, pilihlah shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala kita dan gunakan secara teratur.

14. Menghindari Pemakaian Produk Rambut yang Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Produk rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti sulfat dan paraben bisa menyebabkan jerawat di kepala. Oleh karena itu, hindari pemakaian produk rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya dan pilihlah produk rambut yang mengandung bahan-bahan alami.

15. Menggunakan Masker Wajah

Meskipun jerawat di kepala, tetapi tetap perlu merawat wajah. Gunakan masker wajah secara teratur untuk membantu mengatasi jerawat di kepala dan menjaga kesehatan kulit wajah.

16. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Makanan yang mengandung gula tinggi bisa memicu jerawat di kepala dan membuat kulit kepala menjadi berminyak. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan pilihlah makanan yang sehat untuk mengatasi jerawat di kepala.

17. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan toksin dari dalam tubuh. Melakukan olahraga secara teratur juga membantu mengatasi stres yang bisa memicu jerawat di kepala.

18. Menggunakan Pelembab Kulit Kepala

Kulit kepala yang kering bisa menyebabkan jerawat di kepala. Oleh karena itu, gunakan pelembab kulit kepala secara teratur untuk menjaga kelembapan kulit kepala dan menghindari jerawat di kepala.

19. Menghindari Penggunaan Produk Rambut yang Mengandung Alkohol

Produk rambut yang mengandung alkohol bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan menimbulkan jerawat di kepala. Oleh karena itu, hindari pemakaian produk rambut yang mengandung alkohol dan pilihlah produk rambut yang mengandung bahan-bahan alami.

20. Menggunakan Aloe Vera

Aloe vera mengandung antioksidan dan antibakteri yang bisa membantu mengatasi jerawat di kepala. Caranya, oleskan aloe vera pada kulit kepala dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Kesimpulan

Jerawat di kepala memang sangat mengganggu, tetapi dengan cara yang tepat, kita bisa mengatasi jerawat di kepala. Rajin cuci rambut, menjaga kebersihan kulit kepala, dan menggunakan bahan alami bisa membantu mengatasi jerawat di kepala. Selain itu, hindari pemakaian produk rambut yang berlebihan dan makan makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Jangan lupa untuk tetap rajin merawat kulit kepala dan wajah agar terhindar dari jerawat di kepala.